asmaul husna dan artinya
Pendidikan

Mengenalkan Asmaul Husna Dan Artinya Pada Anak Sejak Dini

Mengajarkan hal – hal baik pada anak memang sebaiknya sudah diterapkan sejak anak berusia balita karena pada masa – masa itu anak masih berada pada fase golden age atau umur emas dimana daya ingatnya sedang tinggi – tingginya sehingga apa yang kita sebagai orangtua ajarkan pada usia tersebut akan selalu ada dalam ingatan anak.

Selain mengajarkan tentang shalat, membaca alquran dan ibadah wajib lainnya, salah satu yang juga harus dikenalakan pada anak sejak dini yaitu makna dari asmaul husna dan artinya yang merupakan nama – nama baik Allah. Anak harus mengetahui 99 sifat – sifat baik yang dimiliki oleh Allah SWT.

Manfaat dari mengenalkan asmual husna pada anak ini selain membuat anak hafal dengan 99 nama baik Allah, anak juga akan memahami bahwa kelak ketika ia berdoa dan memohon sesuatu kepada Allah SWT maka ia bisa memohon dengan menyebutkan nama – nama baik Allah tersebut sesuai keinginannya agar doanya cepat dikabulkan oleh Allah.

Dengan menghafal dan mengenal asmaul husna juga anak akan mengetahui bahwa tidak ada yang lebih berkuasa selain Allah SWT. Di dunia ini bahkan di seluruh alam semesta tidak ada yang layak di sembah selain Allah karena dengan segala sifat – sifat baik yang dimiliki oleh Allah tidak ada yang bisa menandingi kuasaNya.

Peran kita sebagai orangtua juga sangat penting pada masa – masa seperti ini karena kelak ketika besar anak akan selalu mengingat segala seuatu yang diajarkan oleh orangtuanya. Jika kita sebagai orangtua terbiasa mengajarkan hal yang baik maka selama anak itu hidup ia akan terus membawa hal baik dalam hidupnya. Hal baik itulah yang akan menjadi amal jariah bagi para orangtua dan bisa dibawa sampai ke akhirat nanti.

Karena sunggu tidak ada nikmat yang lebih indah selain diberi nikmat memiliki keturunan yang sholeh  dan sholehah. Kekayaan sebesar apapun tidak aka nada artinya ketika kita mati nanti, tetapi doa dari anak yang sholeh dan sholehah lah yang dapat menolong orangtuanya di akhirat kelak.

Dengan mengajarkan asmaul husna pada anak juga sama saja seperti kita memberi tahu kepada anak kita tentang kebesaran – kebesaran Allah. Dari semua sifat – sifat baik yang dimiliki oleh Allah nantinya anak akan tahu bahwa ketika ia sedang menginginkan sesuatu ia akan mengembalikan semuanya kepada Allah karena anak tahu bahwa hanya Allah lah yang memiliki sifat yang maha tersebut.

Orang – orang yang terbiasa berdoa dengan menggunakan nama – nama baik didalam asmaul husna juga sama saja seperti meminta kebaikan sepenuhnya kepada Allah dan mencegah dirinya dari segala keburukan yang mungkin terjadi kepadanya. Karena didalam asmaul husna berisikan kata – kata baik yang akan menjadi doa bagi yang membacanya.

Sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang menjelaskan bahwa siapapun orang yang melafalkan dan memaknai asmaul husna maka Allah telah menjanjikan untuknya harta yang berlimpah dan juga keberkahan yang bisa dirasakan dari membaca asmaul husna tersebut.

Untuk itu sebagai orangtua yang baik marilah kita ajarkan kepada anak sejak dini tentang nama – nama baik Allah dalam asmaul husna ini. Karena jika sampai besar anak ini dapat terus menghafal asmaul husna tersebut maka sepanjang itu juga pahala yang kita dapatkan dari apa yang kita ajarkan pada anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *