kapan bayar pajak motor
Otomotif

Kapan Bayar Pajak Motor Dapat Dilakukan?

Beberapa diantara kalian mungkin masing perlu mengetahui kapan bayar pajak motor dapat dilakukan. Secara umum kalian bisa membayar pajak kendaraan bermotor apabila sudah memasuki masa jatuh tempo dari masa aktif Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK). STNK mempunyai masa berlaku selama 1 tahun berjalan, sehingga apabila sudah satu tahun pajak STNK tersebut harus kita perbarui untuk memperpanjang masa berlaku dari STNK tersebut.

Pada beberapa pemilik kendaraan meskipun sudah ada tanggal jatuh tempo, tapi mereka masih terlambat membayar pajak karena beberapa alasan. Salah satu penyebab pemilik kendaraan terlambat melakukan pembayaran adalah karena lupa dengan tanggal pembayarannya. Apabila hal tersebut terjadi, maka otomatis sanksi administrasi maupun denda akan diberikan kepada pemilik kendaraan ketika melakukan pembayaran pajak kendaraan.

Membayar pajak kendaraan lebih awal dari waktu jatuh tempo pembayaran menjadi salah satu cara untuk mengantisipasi resiko terlambat membayar pajak kendaraan. Pembayaran lebih awal dapat Anda lakukan 40 hari sebelum waktu jatuh tempo.

Saat ini pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Sebab  kini terdapat fasilitas bayar pajak online.  Para pemilik kendaraan bermotor tidak perlu datang lagi ke Samsat terdekat untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan. Saat ini Aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional) telah dihadirkan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri untuk mempermudah transaksi Anda. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk memperpanjang STNK secara online.

Cara membayar pajak motor tahunan online cukup mudah dilakukan dengan layanan e-Samsat. Layanan tersebut dapat diakses di situs e-Samsat yang terdapat di setiap provinsi. Setiap provinsi mempunyai layanan e-Samsatnya sendiri. Layanan tersebut hanya melayani kota yang ada dalam provinsi tersebut saja.

Sebelum Anda membayar pajak motor secara  online, Anda harus menyiapkan beberapa berkas diantaranya; Surat BPKB dan salinannya (1 lembar),  KTP elektronik asli dan salinannya (1 lembar) dan juga  STNK asli beserta dengan salinannya (1 lembar). Setelah berkas dan dokumen tersebut disiapkan, Anda dapat membayar pajak motor online melalui E-Samsat.

Itulah ulasan tentang kapan bayar pajak motor dapat Anda lakukan. Anda bisa membayarnya dengan mudah dan cepat melalui situs bayar pajak online E-Samsat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *